Natuna

Manfaatkan Lahan Tidur Jadi Lahan Produktif

Juliadi | Minggu 31 Jul 2022 05:22 WIB | 1112

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, NATUNA -- Sersan dua (Serda) Ari Irawan Cs  anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0318/Natuna selain bertugas di staf Ter kodim 0318/ Natuna mereka juga di beri tanggung jawab merawat dan mengembangkan Ketahanan pangan (Hanpangan) kodim 0318/Natuna khususnya penanam jagung, ubi kayu, cabe rawit dan Terong yang berlokasi di jln Batu sisir, bukit arai sungai Ulu kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna.

Ari mengatakan jadi prajurit harus serba bisa selain angkat senjata , harus bisa membantu dan mensukseskan program pemerintah termasuk membantu masyarakat dalam mengatasi kesulitan yang dihadapinya.


Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta menjadi Prajurit yang produktif saat ini banyak cara yang bisa dilakukan di wilayah, diantaranya dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di lingkungan masing-masing agar bisa menjadi lahan yang produktif, seperti yang di lakukan Serda Ari Cs dengan manfaatkan lahan kosong untuk budidaya tanam jagung dan ubi kayu mereka juga dengan menanam cabe rawit serta terong di polibag.


Anggota Kodim 0318/Natuna mampu memanfaatkan lahan kosong bersama sama anggota lainnya dan anak anak pesantren di bawah binaan staf Ter kodim 0318/ Natuna dengan melakukan pembibitan cabe rawit dan Terong di polibag sehingga mempunyai nilai ekonomi dan bisa meningkatkan perekonomian warga.


Serda Ari mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan untuk mendukung program komando Atas demi terwujudnya perekonomian yang lebih baik dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada menjadi lahan yang produktif, Kodim 0318/Natuna sendiri dalam melaksanakan kegiatan Hanpangan terbagi dalam dua kegiatan yaitu penanaman jagung dan ubi kayu seluas 1 Hektar dan penanaman cabe rawit dan Terong di polibag sejumlah 200 bibit masing masing tanaman.

.

"Kita bersama anak anak pesantren saat ini Sedang memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitar kodim untuk penanaman jagung dan ubi kayu serta penanaman cabe rawit dan Terong, sehingga dengan melakukan pembibitan sendiri bisa membantu mengurangi pengeluaran," ucapnya, Sabtu (30/7/2022).


Sementara itu Serda Hendri  sudah berpengalaman dalam pembuatan pupuk yg ekonomis dengan cara pemupukan menggunakan pupuk alami  buatan sendiri  dengan memanfaatkan kotoran ayam di campur sedikit tanah hitam hingga masalah biaya tidak terlalu menjadi beban.


"Dalam pembibitan cukup beli  bibit yang di jual dalam kemasan plastik oleh toko toko pertanian harganya cukup terjangkau setelah itu baru di semai setelah berumur satu bulan bibit bibit cabe rawit dan Terong baru di pindah ke polibag sedangkan jagung dan ubi kayu langsung di tanam di lahan lahan yang sudah di siapkan," ucapnya.


Dengan penanaman di lahan lahan tidur yang sudah di olah dan disiapkan untuk tanaman jagung dan ubi kayu serta penanaman cabe rawit serta terong di polibag ini bisa berhasil.


"kita mengharapkan mudah - mudahan warga sekitar dan masyarakat lainnya mau meniru dan membudidayakan Lahan tidur yang ada untuk di jadikan lahan yang produktif kami anggota kodim 0318/Natuna siap bekerja sama dan membantu masyarakat yang membutuhkan," pungkasnya. (Ril/Adi)



Share on Social Media