Batam, News, Politik, Kepri

Jelang HUT RI Ke-77, Ria Saptarika Ajak Warga Tiban Lama Gelorakan Semangat Kemerdekaan

Egi | Minggu 07 Aug 2022 21:43 WIB | 757

DPRD
Politisi



MATAKEPRI.COM BATAM -- Anggota DPD RI daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau Ria Saptarika mengajak para ketua RT dan ketua RW sekelurahan Tiban Lama yang merupakan peserta sosialisasi untuk selalu menggelorakan semangat kemerdekaan sebagai wujud mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.


Bertempat di gedung serbaguna Tiban Lama, Kecamatan Sekupang Kota Batam, senator asal Kepulauan Riau tersebut menyampaikan, bahwa Kemerdekaan bukan tanda berhenti berjuang namun agar kita lebih menggelorakan semangat kemerdekaan. 


"Mari kita terus gelorakan semangat Kemerdekaan untuk menjaga, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan sebagaimana cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum pada pembukaan UUD 1945 alinia ke dua yakni mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” Ujar Ria pada Sabtu (6/8/2022). 


Lanjutnya, ada beragam cara yang bisa dilakukan dalam mempertahankan serta mengisi kemerdekaan, seperti menekankan sikap toleransi dalam kehidupan sehari hari, mengembangkan dan melestarikan budaya bangsa, mengikuti upacara bendera, mengikuti berbagai macam kegiatan maupun perlombaan dalam memeriahkan hari kemerdekaan tersebut.


“Selaku warga negara, ada bermacam cara yang dapat kita lakukan dalam mengisi kemerdekaan. Menjaga toleransi, melestarikan budaya bangsa, dan salah satunya tugas dan fungsi bapak dan ibu selaku ketua RT dan RW, membantu pemerintah melayani masyarakat, memelihara kerukunan hidup warga, dan lain sebagainya itu semua adalah merupakan beberapa peranan yang di lakukan dalam mengisi kemerdekaan," bebernya. 


Di ujung pemaparannya Ria Saptarika yang juga merupakan anggota MPR RI tersebut, memberikan kuis berhadiah kepada para peserta yang merupakan ketua RT dan RW kelurahan Tiban Lama, dan kepada peserta juga di berikan kesempatan bagi yang ingin bertanya terkait materi yang di sampaikan. 


Kegiatan Sosialisasi empat pilar kali ini di lakukan bertepatan dengan bulan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tepatnya tanggal 17 Agustus 2022. 


Pada tahun ini panitia nasional kemerdekaan Indonesia telah merancang tema sekaligus tema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. 


Dari tema tersebut di turunkan menjadi tujuh gambaran besar, di antaranya semangat bangkit. Bersinergi, harapan baik, pulih bersama, kuat, persatuan bangsa dan percepatan.


Syaifon Candra salah seorang ketua RT yang ikut sebagai peserta, ditemui media ini menyatakan, bahwa dia menyambut baik kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR yang di laksanakan oleh anggota DPD RI tersebut.


Selain untuk mengingatkan kembali pemahaman pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, kegiatan ini juga bertepatan dengan peringatan HUT RI Ke-77. Tentunya materi yang di sampaikan oleh bapak Ria Saptarika berkaitan pula dengan semangat mepertahankan dan mengisi kemerdekaan. 


“Kesimpulan apa yang di paparkan oleh beliau, bahwa begitu pentingnya memaknai kemerdekaan, dimana kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang namun untuk lebih semangat, semangat untuk menjaga, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan," ujar Syaifon. (**) 



Share on Social Media