Batam, Pendidikan

Seleksi Caba dan Cata TNI AL Satdik-1 Perwakilan Kepri, Dalantamal IV Hadir Sidang Komisi Pantukhir

Juliadi | Kamis 30 Mar 2023 13:26 WIB | 779

AD/AL/AU
TNI/Polri
Lantamal IV


Seleksi Caba dan Cata PK, Kamis (30/3/2023). Foto: Istimewah


MATAKEPRI.COM BATAM -- Dalam rangka seleksi Calon bintara (Caba) Prajurit Karir (PK) dan Calon tamtama (Cata) PK Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) Tahun Anggaran (TA) 2023 Satuan Pendidikan (Satdik) - 1 Tanjung Uban, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IV Batam Laksamana Pertama (Laksma) TNI Kemas M Ikhwan Madani, S.Sos., M.Si mengikuti sidang  komisi Panitia Penentu Akhir (Pantukhir) pusat yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Fasharkan Mentigi, Tanjung Uban, Kepulauan Riau, Rabu (29/03/2023).


Wakil Asisten personalia (Waaspers) Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Brigadir Jenderal (Brigjen) Marinir Endang Taryo, SE.,  M.Si langsung memimpin agenda sidang komisi Pantukhir pusat Caba dan Cata PK TNI AL tahun 2023 wilayah Satdik 1 Tanjung Uban. 


Kegiatan diawali pembacaan laporan Kepala Lembaga Penyediaan Tenaga TNI AL (Kalapetal) diteruskan pendalaman Calon siswa (Casis) dan diakhiri dengan sidang panitia.


Dalam sambutan Aspers Kasal yang dibacakan Waaspers Kasal, menyampaikan, gambaran hasil tes ini merefleksikan hasil penyeleksian sumber daya manusia oleh para panitia seleksi casis Bintara dan Tamtama PK TNI AL secara umum. 


"Kita berharap sidang komisi pantukhir ini dapat menghasilkan solusi yang tepat untuk menjaga proporsionalitas dari seat (kapasitas) yang disediakan," ungkapnya. 


Lanjut dikatakannya, penerimaan Bintara dan Tamtama PK TA 2023 dari Satdik 1 Tanjung Uban nantinya akan diproyeksikan untuk mengawaki Pangkalan TNI AL (Lanal) atau Posal terdepan yang berada di wilayah Satdik terkait.


Menurutnya, sidang Pantukhir merupakan tahap akhir dari rangkaian seleksi. 


"Saya berharap sidang komisi ini dapat melaksanakn tugas mulia ini secara baik dan dan teliti, sehingga mengurangi dan menghindari kesalahan sekecil apapun. Oleh karena itu, pelaksanaan sidang komisi ini agar berpedoman pada prinsip-prinsip selektif, obyektif dan adil," ucap Aspers Kasal.


Dikatakannya juga, dalam sidang komisi Pantukhir pusat tersebut akan dilaksanakan pendalaman  terhadap 266 peserta Caba dan Cata PK TNI AL tahun 2023. Di antaranya 72 berasal dari Kepulauan Riau. 


"Nantinya jika lulus, mereka akan menjalani pendidikan dasar militer, pendidikan dasar golongan dan pendidikan kejuruan di Satdik 1 Tanjung Uban," tutupnya. 


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Administrasi Personil TNI Angkatan Laut (Kadisminpersal), Dirdik Kodiklatal, Kalapetal, Dansatdik 1 Tanjung Uban, Aspers Lantamal I, II, IV, XII serta undangan Sidang Komisi Pantukhir pusat penerimaan Calon Bintara dan Tamtama PK TNI AL TA 2023. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media