Batam, News, Kepri

Ketum IJTI Pusat Akan Berikan Langsung Ilmu Standar Jurnalistik Televisi Kepada Instansi Kehumasan

Egi | Kamis 15 Jun 2023 17:17 WIB | 588

Organisasi Jurnalis
Jurnalis
IJTI Kepri


Ketua panitia pelatihan kehumasan, Riki Ramadhoni (foto:ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Pengurus Daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia atau Pengda IJTI Kepri melaksanakan pelatihan pengambilan video dan foto Kehumasan di Hotel Planet Holiday, Kota Batam pada Rabu (21/6/2023) mendatang. 


Pelatihan yang dilaksanakan IJTI Kepri ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dan meningkatkan kualitas penyampaian informasi melalui visual standart jurnalistik kepada publik. 


Ketua panitia pelatihan Kehumasan Riki Ramadhoni yang saat ini bertugas sebagai jurnalis Kompas TV di Kepulauan Riau mengatakan, pelatihan kehumasan ini digelar untuk melatih kehumasan disetiap instansi agar mengetahui teknis pengambilan video atau gambar yang bisa digunakan untuk melakukan siaran di televisi. 


"Humas merupakan jembatan bagi kita dari jurnalis televisi untuk memberikan pemberitaan-pemberitaan yang kita butuhkan, karena jurnalis televisi yang diberi perwakilan setiap daerah hanya 1 orang," kata Riki di wilayah Batam Center Kota Batam, pada Kamis (15/6/2023) siang. 


Lanjut Riki, salah satu contohnya yaitu bencana alam yang terjadi di daerah Sarasah Kabupaten Natuna. Jurnalis televisi sangat membutuhkan video, foto di lokasi kejadian serta naskah rilis. Sementara kita berada di daerah lain yang jauh dari lokasi kejadian dan tidak tercover. 


"Sebagaimana yang kita ketahui, 96 persen Kepulauan Riau dikelilingi oleh lautan dan sisanya daratan. Dengan hadirnya humas disetiap daerah, ini sangat membantu kita dalam menayangkan pemberitaan sesuai standar jurnalistik televisi dan untuk itu kita menggelar kegiatan ini," ungkapnya. 


Dalam kegiatan kehumasan, nantinya pemateri akan diberikan langsung oleh Ketua Umum IJTI Pusat Herik Kurniawan yang juga menjabat sebagai Pemred iNewsTV. 


"Kegiatan kehumasan yang dilaksanakan Pengda IJTI Kepri ini akan diikuti perwakilan humas setiap instansi sebanyak 150 peserta dan kegiatan ini tidak ada dipungut biaya atau gratis," pungkasnya, (egi) 

Redaktur: ZB




Share on Social Media