Batam, News, Kepri

Tak Henti-hentinya Gelar Baksos, Kali Ini Perkumpulan Marga Tan Gelar Donor Darah

Egi | Selasa 11 Jul 2023 21:20 WIB | 434

Bakti Sosial/Bantuan Sosial


Saat Peserta melaksanakan donor darah di kegiatan Baksos Marga Tan, Minggu (9/7) foto:egi


MATAKEPRI.COM BATAM -- Perkumpulan Marga Tan Kota Batam kembali menggelar kegiatan donor darah yang dilaksanakan di One Batam Mall pada Minggu, (9/7/2023). 


Kegiatan sosial ini juga bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Batam. 


Ketua Perkumpulan Marga Tan Kota Batam, Acun Tan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada warga Batam yang telah bersedia mendonorkan darahnya dalam kegiatan ini.


"Terima kasih atas partisipasi dari warga Batam yang bersedia mendonorkan darahnya dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Perkumpulan Marga Tan,” ucap Acun Tan disela-sela kegiatan.


Dia mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pihaknya setiap tahun. Dan, aksi donor darah ini merupakan salah satu dari sekian banyak rangkaian bakti sosial yang dilakukan. 


"Dalam setahun kami bisa melaksanakan kegiatan kemanusiaan seperti donor darah sebanyak empat kali," tuturnya.


Menurutnya, pihaknya berharap dengan kegiatan yang dilakukan ini bisa mencukupi stok darah di PMI Batam yang jumlah persediaannya darahnya semakin berkurang.


“Semoga kebutuhan darah di PMI tercukupi, dan tidak susah lagi untuk mencari kebutuhan jenis darah,” tuturnya.


Dilokasi yang sama, Sekretaris PMI Kota Batam, Asmin Patros memberikan apresiasi terhadap terlaksananya donor darah yang digelar oleh Perkumpulan Marga Tan Kota Batam. 


Dia optimistis targat kantong darah bisa terkumpul melebihi dari target yang telah ditetapkan. PMI Kota Batam sendiri saja membutuhkan 2.200 kantong darah setiap bulannya. 


"Kegiatan yang digagas oleh Perkumpulan Marga Tan ini sangat membatu masyarakat yang membutuhkan darah. Kami dari Palang Merah Indonesia, menyampaikan terimah kasih atas terlaksananya donor darah secara sukarela ini," kata Asmin. 


Asmin menyebutkan, setiap hari ada saja warga yang datang ke kantor PMI Kota Batam untuk melakukan donor darah. Namun, jumlahnya terbatas, hanya 15 orang yang mendonorkan darah. 


"Kami berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan stok darah yang lebih banyak. Kalau hanya di Kantor PMI saja, yang jumlahnya hanya belasan katong darah saja. Namun jika digelar kegiatan sosial seperti ini, bisa ratusan katong darah yang terkumpul," katanya. 


Hal senada juga disampaikan, Wakil Ketua Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Batam, Tan A Tie.


"Setetes darah kita akan menyelamatkan nyawa orang lain. Saya mengucapkan terima kasih kepada maysarakat yang telah mendonorkan darahnya dalam kegiatan sosial yang digelar Perkumpulan Marga Tan Kota Batam. 


"Semoga apa yang telah kita lakukan dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan,” ungkap Tan A Tie. 


Tan A Tie mengatakan hingga ditutupnya kegiatan donor darah itu, sekira pukul 16.00 Wib, warga yang mendaftar untuk mendonorkan darahnya lebih dari 450 orang. Sementara yang mampu terkumpul melebih 300 kantong darah atau melebihi dari target panitia donor darah, sekira 200 kantong.  


Sementara, sisanya adalah warga yang tidak dapat mendonorkan darah, karena tidak memenuhi syarat. Masing-masing karena pengaruh tekanan darah, memiliki Hb rendah dan tinggi, dan orang karena faktor lain.


"Saya mengajak warga Batam untuk ikut mendonorkan darah. Karena setetes darah bisa menyelamatkan nyawa manusia. Donor darah juga menyehatkan tubuh kita. Ayo ramai-ramai donor darah melalui PMI Kota Batam.(egi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media