Batam

Jelang HUT RI ke-78, Danlantamal IV Pimpin Jalannya Upacara Kirab Kebangsaan Merah Putih

Juliadi | Rabu 16 Aug 2023 18:01 WIB | 533

AD/AL/AU
TNI/Polri
HUT/Hari Jadi
Lantamal IV


Upacara dan kirab Kebangsaan merah putih, Rabu (16/8/2023)


MATAKEPRI.COM, BATAM — Kemeriahan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2023, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Batam Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto, CHRMP., M.Tr.Opsla, memimpin jalannya upacara kirab kebangsaan merah putih yang dilaksanakan di stadion Temenggung Abdul Jamal, Kota Batam, Kepulauan Riau, Rabu (16/8/2023).


Bertindak selaku Inspektur Upacara, Danlantamal IV yang didampingi oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Tabana Bangun, M.Si., Kepala BNNP Kepri Brigjen Pol Richard Nainggolan, menyerahkan Bendera Merah Putih kepada perwakilan pasukan kirab kebangsaan di panggung stadion Temenggung Abdul Jamal dan diikuti oleh seluruh jajaran Forkopimda Kepri, personel TNI-Polri, ASN, masyarakat, mahasiswa, para pelajar serta insan pers Kepri.


Setelah pelaksaan Upacara penyerahan Bendera Merah Putih oleh Danlantamal IV kepada pasukan Kirab Kebangsaan dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Kebangsaan dan Nilai-nilai Perjuangan, pasukan Kirab Kebangsaan selanjutnya berjalan kaki bersama dengan semangat kemerdekaan menuju lapangan Dendang Melayu Barelang.


Danlantamal IV mengatakan, kegiatan Kirab Kebangsaan Merah Putih ini dilakukan dalam rangka menyambut HUT RI Ke-78 yang diperingati pada 17 Agustus yang mana kegiatan ini di ikuti oleh personel TNI-Polri, ASN, Masyarakat, Pelajar dan Mahasiswa.


“Semoga dengan dilaksanakannya Kirab Kebangsaan Bendera Merah Putih ini semangat nasionalisme dan semangat juang untuk Indonesia maju semakin menggelora di hati setiap masyarakat Kepulauan Riau, Kirab Merah Putih adalah membangkitkan semangat kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tutup Danlantamal IV.


Setelah berjalan bersama-sama sejauh 17 km menuju lapangan Dendang Melayu, kegiatan tersebut diakhiri dengan pengibaran Bendera Merah Putih sebanyak 78 buah secara serentak dan bersama-sama di sepanjang jalan jembatan Barelang, Kota Batam.


Turut hadir memeriahkan kegiatan Kirab Kebangsaan Merah Putih seluruh jajaran Forkopimda Kepri, personel TNI-Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), seluruh elemen masyarakat serta para mahasiswa dan pelajar Kota Batam. (***) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media