Tanjungpinang

Peduli Lingkungan, Koarmada I Gelar Prolasih

Juliadi | Selasa 05 Sep 2023 21:00 WIB | 3297

AD/AL/AU
TNI/Polri
HUT/Hari Jadi



MATAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG -- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI Angkatan Laut (AL), Komando Armada (Koarmada) I, menggelar kegiatan Program Laut Bersih (Prolasih) yang diselenggarakan bersama TNI-Polri, Forkopimda bersama seluruh komponen masyarakat Tanjungpinang, Selasa (5/9/2023).


Selain Prolasih, juga dilaksanakan Program Kali Bersih yang digelar secara serentak di 78 titik seluruh Komando Utama (Kotama) TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia dimana pusat pelaksanaannya masuk dalam wilayah Lantamal III, yaitu Kali Cilincing, Jakarta Utara. 


Kegiatan ini sebagai wujud nyata kepedulian dan partisipasi aktif TNI AL guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan perairan dan sungai, sekaligus untuk meningkatkan kerja sama lintas sektor dalam penanganan sampah di perairan dan sungai.

 

Sampah merupakan suatu permasalahan besar baik secara nasional maupun internasional yang perlu perhatian serius dalam penanganannya. Karena hal ini sangat mengganggu aktivitas masyarakat dan dapat menimbulkan pencemaran lingkungan serta berdampak timbulnya berbagai penyakit.


Hal tersebut sudah seharusnya menjadi prioritas setiap Prajurit TNI AL, Instansi Pemerintah serta Masyarakat pesisir untuk peduli akan kebersihan dan untuk mempercantik kawasan pantai. Kegiatan Program Laut Bersih Mako Koarmada I diharapkan dapat menimbulkan kesadaran masyarakat, sehingga akan tercipta rasa saling peduli terhadap  lingkungan pantai  pada setiap Prajurit Makoarmada I dan masyarakat sekitarnya.


Adapun lokasi yang menjadi sasaran Program Laut Bersih, Area Rimba Jaya Jalan Gudang Minyak nomor 133 Kelurahan Kemboja, Kecamatan Tanjungpinang Barat. 


Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan Prolasih ini berjumlah 450 Orang yang terdiri dari, TNI-Polri, Forkopimda, Mahasiswa, Ormas, Pelajar dan masyarakat.


Sementara dalam sambutannya, Kapoksahli Koarmada I, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Riduwan Purnomo menyampaikan, program Laut bersih ini bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat.


Lanjut penyampaiannya, kegiatan ini juga agar masyarakat mempunyai pemikiran bahwa laut itu bukanlah tempat membuang sampah, karena banyak dari kita yang masih belum sadar akan dampaknya membuang sampah rumah tangga ke laut.


“Pemikiran tersebut yang akan kita ubah melalui program bersih-bersih laut ini, yang bertujuan untuk memberikan contoh dan kesadaran kepada masyarakat, karena laut menjadi sumber kehidupan kita, tempat mata pencaharian, sekaligus menjadi tempat tinggal dan tempat dimana kita menikmati keindahannya, sehingga sudah seharusnya kita wajib untukmenjaganya,” pungkasnya. (Ril) 


Redaktur:ZB



Share on Social Media