Batam

Jaga Situasi Kondusif Natal dan Tahun Baru, Danlantamal IV Hadiri Rakor Lintas Sektoral

Juliadi | Sabtu 09 Dec 2023 19:41 WIB | 346

AD/AL/AU
TNI/Polri
Lantamal IV


Rakor sektoral operasi Lilin 2023 dalam rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Sabtu (9/12/2023)


MATAKEPRI.COM, BATAM - TNI Angkatan Laut menyiapkan prajurit dan alutsistanya untuk membantu Polri menjaga keamanan dan situasi agar tetap kondusif selama hari libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.


Walaupun demikian, pengerahan alutsista itu menunggu permintaan dari Polri yang memimpin dan mengendalikan operasi pengamanan selama libur Nataru, yang menggunakan sandi Operasi Lilin 2023.


“Kami siap untuk selalu membantu, mendukung pemerintah dalam melaksanakan pengamanan Natal dan Tahun Baru sehingga masyarakat yang mungkin melaksanakan mudik dalam kesempatan Nataru tetap terjaga keamanan dan kondusivitasnya,” ucap Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Batam, Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto melalui Pejabat Pengganti Sementara (Pgs) Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal IV, Mayor Laut (P) I Wayan Rusdiana, S.H., S.T., M.Tr.Opsla, menjawab pertanyaan KoranBatam saat dihubungi melalui WhatsApp, Sabtu (9/12/2023).


Dalam Rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral operasi Lilin 2023 dalam rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Mapolresta Barelang, Jumat (8/12/2023), Mayor Wayan menyampaikan bahwa, salah satu poin penting yang dibahas ialah peningkatan patroli keamanan di sejumlah titik strategis, seperti gereja, bandara-bandara, stasiun kereta api, terminal, pos-pos terpadu, pos pengamanan rest area, pusat perbelanjaan, pelabuhan dan tempat-tempat wisata.


Selain itu, juga dibahas rencana pengaturan lalu lintas dan peningkatan pengawasan terhadap potensi ancaman keamanan. 


“Untuk jumlahnya masih belum bisa kami sebutkan karena masih rapat pendahuluan, dan rencana akan ada giat apel. Artinya tergantung dari permintaan Polri,” terangnya.


Oleh karena itu, lanjut Wayan, Kapolri, Panglima dan peserta rapat sepakat perlunya mewaspadai kerumunan masyarakat di beberapa lokasi, termasuk tempat hiburan dan destinasi wisata.


Tidak hanya itu, libur Natal dan Tahun Baru juga bersamaan dengan masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sehingga konflik sosial antarmassa pendukung pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) mungkin terjadi.


“Intinya TNI AL siap mendukung giat pengamanan Nataru, baik dari laut dan darat,” ujarnya.


Mewakili Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto lewat Wakapolrestanya, AKBP Syafrudin Semidang Sakti meminta setiap instansi terkait dapat menyiapkan para personelnya untuk melakukan pengamanan.


“Saya minta kepada personel yang terlibat di dalam Posko Pengaman Tim Terpadu agar dapat menyiapkan peralatan dalam pelaksanaan pengaman Nataru,” kata Syafrudin.


Dalam menyambut Nataru, kata dia, Polri akan menggelar Operasi Lilin 2023 secara serentak di seluruh wilayah Indonesia guna menangkal berbagai tindak kejahatan, memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan ibadah Natal dan Tahun Baru 2024. Sehingga pentingnya kerja sama lintas sektoral dalam menghadapi tantangan yang mungkin muncul nantinya.


“Kami ingin memastikan perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini berlangsung dengan aman dan damai bagi seluruh masyarakat Batam. Oleh karena itu, koordinasi antara berbagai sektor sangat diperlukan,” tutupnya. (*) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media