Batam

Tingkatkan Kemampuan Wartawan, SMSI Gandeng BP Batam Buka UKW Gratis

Juliadi | Sabtu 08 Jun 2024 05:07 WIB | 218

BP Batam
Organisasi Jurnalis


Pengurus SMSI Kepri berkunjung ke BP Batam beberapa waktu lalu. (Foto : Istimewah)


Matakepri.com, Batam -- Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Kepulauan Riau masih membuka kesempatan bagi wartawan di Batam dan daerah lain di Provinsi Kepri untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) secara gratis. Kegiatan untuk meningkatkan kompetensi para wartawan itu akan digelar di Batam pada tanggal 11-13 Juli 2024. 


Program peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang jurnalistik itu digelar SMSI Provinsi Kepri bekerjasama dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) UPN (Universitas Pembangunan Nasional) Veteran Yogyakarta.


Plt Ketua SMSI Kepri, Rinaldi Samjaya mengajak anggota SMSI Kepri untuk memanfatkan kesempatan ini. Karena kegiatan ini adalah bentuk kesungguhan SMSI Kepri dan BP Batam untuk fokus pada peningkatan kompetensi dan profesionalisme wartawan di Kota Batam dan Provinsi Kepri.


"Pelaksanaan UKW nanti, SMSI menggandeng BP Batam dan LUKW UPN Veteran Yogyakarta. UKW akan berlangsung di Batam," ujar Rinaldi, Jumat (7/6/2024).


Ditambahkan Rinaldi Samjaya, SMSI Kepri sudah mulai membuka pendaftaran sejak beberapa mingg lalu. Bagi para wartawan yang ingin mendaftar, silakan menghubungi Panitia UKW SMSI Kepri - BP Batam.


Sementara itu, Kepala Biro Humas, Promosi, dan Protokol BP Batam Ariastuty Sirait mengatakan, dukungannya pada kegiatan UKW yang dilaksanakan SMSI Kepri ini adalah bukti atensi Kepala BP Batam, H. Muhammad Rudi pada kompetensi para wartawan Batam dan wartawan Provinsi Kepri. 


"Dukungan BP Batam pada kegiatan teman-teman wartawan ini bukanlah yang pertama, sudah berbagai kegiatan wartawan apalagi yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan, selalu akan didukung oleh Kepala BP Batam," ujar wanita ramah yang akrab disapa Tutik itu. 


Sementara itu, Ketua Panitia UKW SMSI Kepri - BP Batam, Zabur A menambahkan, calon peserta UKW terbuka untuk semua anggota SMSI Kepri.


"Siapa yang mau ikut jadi peserta UKW bisa langsung daftar melalui link Google Form atau bisa menghubungi admin panitia UKW," kata Zabur.


Di tempat yang sama, Sekretaris Panitia UKW SMSI Kepri - BP Batam, Satria Budi mengajak anggota SMSI Kepri untuk bisa memanfaatkan kesempatan baik tersebut. "Jangan sia-siakan kesempatan ini. Mari kita menjadi bagian untuk menyukseskan UKW ini," ujar Budi.


Berikut persyaratan calon peserta UKW SMSI Kepri - BP Batam :

1. Mengisi Formulir Pendaftaran

2. Pas Foto Formal & Background Merah

3. Melampirkan KTP & ID Card/Kartu Pers

4. Daftar Riwayat Hidup/Curriculume Vitae (CV)

5. Surat Pernyataan bukan bagian Parpol/anggota legislatif/Humas Pemerintah dan Swasta /TNI/Polri

6. Sertifikat UKW Sebelumnya (jika ada)

7. Pengalaman Jurnalistik

8. Surat Tugas/Rekomendasi dari Pemimpin Redaksi

9. Salinan Akta Notaris Badan Hukum (cover depan, halaman pertama yang mencakup nama perusahaan dan bagian pasal maksud dan tujuan) & SK Menkumham Media (Wajib bagi Media yang belum Terverifikasi Dewan Pers)

10. Sertifikat Verifikasi Faktual Media dari Dewan Pers (jika ada)

11. Melampirkan halaman box redaksi tempat bekerja.


Berkas dokumen persyaratan tersebut dikirim melalui Google Form berikut ini:


https://forms.gle/cSqK1yMeSJAqvr4b6


"Mari kita tingkatkan SDM melalui UKW. Ingat peserta tidak dipungut biaya," kata Budi. 


Untuk konfirmasi lebih lanjut dapat menghubungi Ketua Panitia UKW SMSI Kepri - BP Batam, Zabur A (+62 813-6408-8825) atau Sekretaris Panitia UKW SMSI Kepri - BP Batam, Satria Budi (+62 813-7859-8243). 


Redaktur : ZB



Share on Social Media