Batam, Ekonomi

PT. BIB dan Uniba Jalin Kerjasama Ciptakan Bisnis Ekonomi Baru Dimasa Mendatang

Juliadi | Kamis 15 Dec 2022 15:37 WIB | 627

Perguruan Tinggi/Sekolah
Bandara/Pelabuhan
Ekonomi & Bisnis


Penandatanganan MoU antara PT BIB dan Uniba, Rabu (14/12/2022). Foto: Agus/MK


MATAKEPRI.COM BATAM -- PT. Bandara Internasional Batam (BIB) selaku pihak pengelolah . BAND Internasional Hang Nadim Kota Batam dan Universitas Batam (Uniba) guna menandatangani nota kesepahaman memorandum of understanding (MoU) dilaksanakan, di kampus Uniba, Batam Center, Rabu (14/12/2022).


Hadir dalam acara tersebut yakni, pengawas yayasan griya husada Uniba, Indrayani, SE., MM., Ph.D; Ka. LPPM, Malahayati Rusli Bintang, BSc., MPH; Warek-3, Dr. Mohamad Gita Indrawan, ST., M.M dan para Dekan serta civitas akademika Uniba.


Sedangkan dari pihak pengelolah PT. BIB langsung dihadiri oleh Direktur Utama (Dirut) PT. BIB Pikri Ilham Kurniansyah beserta jajarannya.


Saat dikonfirmasi Matakepri.com, Indrayani, SE., MM., Ph.D mengatakan, kesepakatan kerjasama ini dituangkan dalam MoU antara pihak BIB dan Uniba tentang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.


Lanjut disampaikan Indrayani, selain itu para pihak ini juga bersepakat dalam melakukan pembinaan dan pengembangan kemampuan sumber daya manusia baik meliputi dosen dan karyawan,bahkan pembinaan dan pengembangan institusi berbasis akreditasi.


"Tentunya tujuan MoU ini memberikan manfaat dan keuntungan bagi kedua belah pihak dan masyarakat dengan ketentuan tidak bertentangan dengan visi,misi dan tujuan," ungkap Indrayani.


"MoU antara Uniba dan BIB ini merupakan pengembangan Tridharma pendidikan serta implementasi ilmu pengetahuan & teknologi yang tujuannya berguna dalam peningkatan pelayanan dan kompetensi sumber daya manusia," ujar Indrayani.


Menurutnya, merujuk pada prinsip dan kebijakan Mendikbud Ristek RI tentang kampus merdeka bahwa kebijakan kampus merdeka tersebut merupakan kelanjutan dari konsep merdeka belajar.


Ditempat terpisah, kepada Matakepri.com, Pikri Ilham Kurniansyah menjelaskan, pada pihak kampus dan masyarakat di wilayah provinsi kepulauan riau khususnya warga kota Batam, bahwa bandara bukan hanya tempat naik dan menurunkan penumpang tapi pusat bisnis baru,pusat ekonomi baru,pusat pertemuan masyarakat, pusat rekreasi baru, pusat belanja baru dan inilah adalah ekosistem yang harus dikembangkan.


Lebih jelas dikatakan Pikri, bandara juga merupakan bagian dari ekosistem besar,manfaat nya bukan hanya untuk BIB tetapi untuk masyarakat luas, bahkan dalam dunia pendidikan merupakan hal penting bagi BIB mengambil peran dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar,magang dan praktek mengamalkan ilmu pengetahuannya dan bekerja di BIB.


"Jadi MoU hari ini sangat penting karna kita secara struktural kita membangun lebih formal hubungan itu tidak hanya sekedar sketer program," tutup Pikri. (Agus S Siagian)


Redaktur: ZB



Share on Social Media