Batam

Peringatan HUT TNI ke-78, Lantamal IV Batam Adakan Pagelaran Wayang Kulit

Juliadi | Sabtu 07 Oct 2023 17:09 WIB | 506

AD/AL/AU
TNI/Polri
HUT/Hari Jadi
Lantamal IV


Pagalan Wayang Kulit di Mako Lantamal IV Batam, Jumat (6/10/2023)


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Batam mengadakan pagelaran wayang kulit secara bersamaan di 78 lokasi di seluruh Indonesia, bertempat di lapangan apel Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jumat (6/10/2023) yang digelar semalam suntuk hingga Sabtu (7/10/2023) dini hari.


Acara Pagelaran wayang kulit serentak dibanyak lokasi ini secara resmi dibuka oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono melalui virtuan meeting zoom yang berpusat di Plaza Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur.


Pagelaran wayang kulit dalam rangka HUT TNI ke 78 ini menjadi perhatian pecinta seni dan budaya baik dalam maupun luar negeri. 


Lakon epik yang dipilih dalam pagelaran ini adalah "Bimo Krido" yang memukau penonton dengan kisah yang penuh semangat Satria Pendowo dalam berjuang untuk membangun dan menjaga keamanan negara.


Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, Lakon Bimo Krido menampilkan sosok Bimo, Bima atau Werkudoro yang bertugas untuk keamanan dan pembangunan negaranya. Dengan peran Bimo sebagai Pendowo, mereka secara bersama-sama membangun negara baru dan mengatasi berbagai tantangan. 


"Kisah ini menjadi contoh sekaligus inspirasi bagi semua, mengajarkan nilai-nilai persatuan, perjuangan yang dilakukan bersama-sama menjaga keamanan untuk membangun negara dengan damai tanpa konflik," ungkap Laksamana Yudo


Selain itu Komandan Lantamal IV Batam, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Tjatur Soniarto CHRMP., M.Tr. Opsla menyampaikan bahwa pagelaran wayang kulit yang dilaksanakan di 78 wilayah, termasuk di Amerika, Suriname dan Malaysia selain untuk hiburan masyarakat juga upaya memasyarakatkan TNI dan dapat menyatukan TNI, Polri serta seluruh masyarakat Indonesia khususnya di Batam dan Kepri dalam kebersamaan.


Turut menyaksikan pagelaran wayang kulit Kepala Staf Komando gabungan wilayah pertahanan (Kas Kogabwilhan) I, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Rifky Nawawi, S.E., S.Ip; Komandan Komando Distrik (Danrem) 033/Wira Pratama (WP); Kepala Badan Intelijen Negara daerah (Kabinda) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri); Asisten intelijen (Asintel) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I; Asisten Operasi (Asops) Kogabwilhan I; Asisten Personil (Aspers) Kogabwilhan I; Aspotwil Pangkogabwilhan I;  Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Nugroho Tri Nuryanto, S.H, S.I.K., M.H; Kepala pangkalan Badan Keamanan Laut ; Kabagops Binda Kepri; Kasatpol PP; Dandim 0316/Batam; Danlanud Hang Nadim; Danyonif 136/TS; Danyonmarhanlan IV; Dandenpom 1/6 Batam, serta masyarakat umum di sekitar Mako Lantamal IV dan Kota Batam. (*) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media