Batam

BPK RI Periksa Intensifikasi dan Ekstensifikasi PNBP Lapas kelas IIA Batam

Juliadi | Rabu 12 Oct 2022 14:01 WIB | 907

Lapas/Rutan/LPKA/LPP


Plt Kalapas kelas IIA Batam serta staf bersama tim BPK RI, Rabu (12/10/2022)


MATAKEPRI.COM, BATAM – Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Batam untuk melaksanakan pemeriksaan Intensifikasi dan Ekstensifikasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Tahun Anggaran 2020 sampai dengan Semester I 2022.


Kegiatan dilaksanakan di Ruang Aula Ismail Saleh yang dihadiri oleh Tim BPK RI, Tim dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kantor Wilayah Kementerian hukum dan hak asasi manusia (Kemenkumham).Kepulauan Riau (Kepri), Pelaksana tugas (Plt) Kepala Lapas kelas IIA Batam dan jajaran pegawai. 


Plt Kepala Lapas kelas IIA Batam yang juga kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Batam, Novriadi B, menyampaikan ucapan selamat datang dan ungkapan terima kasih atas kedatangan tim pemeriksa BPK RI.


Novriadi menjelaskan, bahwa PNBP Lapas Kelas IIA Batam bersumber dari pemanfaatan aset BMN seperti sewa lahan koperasi/kantin, sewa gudang bama, rumah dinas serta kegiatan pembinaan kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan.


"Adapun PNBP bidang kemandirian (kegiatan kerja) dari tahun 2022 sampai Semester I Tahun 2022 berasal dari kegiatan jasa laundry, produksi tempe kedelai, roti, pertanian, perikanan air tawar, muebel/handcraft, barbershop, peternakan maggot, carwash, pejahitan, kuliner, peternakan ayam dan telur, pertanian hidroponik dan telur bebek asin," ungkap Novriadi, Rabu (12/10/2022).


Novriadi juga berharap kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mewujudkan Lapas Batam yang transparan dan akuntabel.


Selanjutnya Tim Pemeriksa dari BPK RI melaksanakan wawancara kepada pegawai Lapas kelas IIA Batam yang membidangi pembinaan kemandirian dan pengelolaan BMN serta melakukan peninjauan ke lapangan yaitu cek fisik aset BMN dan kegiataan pembinaan kemandirian Lapas Kelas IIA Batam. (*/Adi)



Share on Social Media