Batam

Pomal Lantamal IV Sinergi Dengan BC Laksanakan Kegiatan Bersama di Pelabuhan Punggur

Juliadi | Jumat 04 Nov 2022 21:06 WIB | 861

Bea Cukai
AD/AL/AU
TNI/Polri
DENPOM/Pomal/Pomau



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL) Lantamal IV bersinergi dengan Bea dan Cukai (BC) Kantor Pelayanan Utama (KPU) Batam melaksanakan operasi gabungan pengamanan barang keluar di pelabuhan Punggur, Jumat (4/11/2022).


Kegiatan tersebut juga diikuti oleh unsur dari Polisi Militer TNI AD (POMAD) dari satuan Detasemen Polisi militer (Denpom) I/6 Batam dan juga personil kepolisian.  

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan atas dasar permintaan Berdasar surat permohonan dari  BC KPU Batam kepada Lantamal IV yang meminta keikutsertaan unsur dari TNI AL dalam pelaksanaan operasi bersama pengecekan barang keluar dari Batam di pelabuhan Roro Punggur, Batam.  

 

Pada kegiatan tersebut, Komandan Pomal Lantamal IV Letkol Laut (PM) Dedy Ary Yuanto  menyampaikan  bahwa, kegiatan ini memiliki nilai positif, khususnya pada operasi bersama pengecekan barang keluar kali ini  mempunyai maksud agar selain meningkatkan profesionalisme masing-masing-masing-masing institusi, juga berperan mempererat hubungan emosional melalui sinergitas antar instansi dan satuan. 


Dan Pomal juga menghimbau agar personil TNI  yang melaksanakan kegiatan dinas yang berkaitan dengan aktivitas yang melibatkan keluar masuk barang dari Batam, agar melaksanakan kegiatan dinasnya sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku, karena hal ini berkontribusi dalam kelancaran operasi gabungan bersama saat ini. 


Ia menambahkan kegiatan ini sekaligus memberikan pesan kepada masyarakat bahwa TNI, Polri dan Bea dan Cukai memiliki kepedulian yang sama dan senantiasa bersama dalam hal penindakan masalah kepabeanan khususnya di wilayah Batam.  

 

Pada kesempatan yang sama, Kabid Penindakan dan Penyidikan  KPU Batam Sisprian Subiaksono menyampaikan apresiasinya dan menyatakan bahwa payung hukum kegiatan ini adalah perjanjian kerjasama antara Kemenkeu dan Dirjen Bea dan Cukai dengan Panglima TNI untuk membentuk tim terpadu dalam melaksanakan tugas bersama di bidang kepabeanan. 

 

Kegiatan pengamanan bersama dimulai sejak Senin 31 Oktober 2022 sampai Minggu 6 November 2022 yang dilaksanakan oleh gabungan personil Polisi Militer TNI dan personil BC, dan hingga reportase ini dibuat kegiatan berjalan dengan baik lancar. (*/Adi)



Share on Social Media