Kuliner, Pariwisata

Berwisata ke Batam, berikut oleh-oleh khas pilihan bagi keluarga di rumah.

Maman | Kamis 04 May 2023 10:54 WIB | 430



Welcome to Batam sign


MATAKEPRI.COM, Batam - Batam menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal dengan destinasi wisata dan kulinernya. Kota yang terletak di Kepulauan Riau ini juga memiliki ragam oleh-oleh khas pilihan untuk kerabat dan keluarga di rumah.

Jika kamu melakukan perjalanan wisata Batam, berikut pilihan ragam oleh-oleh yang bisa diburu untuk keluarga di rumah:


1. Bilis Molen 

Bilis molen merupakan makanan khas Batam yang memiliki bentuk digulung. Karena bentuknya tersebut, makanan ini juga cukup terkenal dengan nama bilis gulung.

Bilis molen atau bilis gulung adalah jenis kue yang sering dijadikan sebagai snack atau camilan yang berbahan dasar ikan bilis. Ikan bilis merupakan jenis ikan air laut berwarna abu-abu kehijauan yang berukuran kecil, layaknya ikan teri jengki.


2. Gong-gong 

Gong-gong merupakan nama dari makhluk hidup atau biota laut yang hidup di Kepulauan Riau. Sekilas, bentuk oleh-oleh Batam ini menyerupai keong.

Gong-gong merupakan jenis siput laut dengan ukuran sedang dan panjang sekitar 7 cm. Terdapat empat jenis gong-gong yang biasa dikonsumsi, yaitu gong-gong ayam, gong-gong putih cangkang tipis, gong-gong putih cangkang tebal, dan gong-gong merah cangkang tebal.

Gong-gong diolah dengan cara direbus. Makanan yang dijadikan oleh-oleh ini memiliki tekstur daging yang kenyal. Namun, disarankan untuk tidak mengonsumsi bagian kakinya karena cukup tajam dan bergerigi, sehingga akan melukai mulut. 


3. Keripik Kari 

Oleh-oleh khas Batam kali ini merupakan jenis makanan ringan berupa keripik. Keripik kari menggunakan resep dan rempah khusus, sehingga menghasilkan cita rasa yang tidak bisa ditemukan di kota lain.

4. Kue Batang Buruk 

Kue batang buruk merupakan jenis kue kering yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Batam. Kue ini memiliki tekstur renyah dengan rasa dominan manis.

Kue ini sangat cocok dijadikan teman minum teh atau kopi. Kue batang buruk ini juga termasuk jajanan tradisional khas Batam.


5. Otak-otak khas Batam 

Batam memiliki sajian berupa otak-otak yang menjadi kuliner khasnya. Makanan ini biasa dijajakan di pinggir jalan dengan harga yang relatif terjangkau. 

Otak-otak khas Batam memiliki beberapa varian bahan dasar pembuatnya, seperti otak-otak ikan, otak-otak cumi, maupun otak-otak campuran ikan dan cumi. Otak-otak khas Batam biasanya diolah dengan cara dipanggang atau digoreng dengan ditambah bumbu kacang. (***)


Sumber : Liputan 6.com




Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait