Batam, News, Kepri

Rutan Telah Lakukan Semaksimal Mungkin dan Sesuai SOP Terhadap Warga Binaan yang Meninggal Dunia

Egi | Kamis 04 May 2023 21:06 WIB | 376

Lapas/Rutan/LPKA/LPP
Meninggal Dunia


Kepala Rutan Kelas IIA Batam Farizal Gerhami Putra, Kamis (4/5) foto: egi


MATAKEPRI.COM BATAM -- Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Kota Batam Kepulauan Riau telah menjalankan perawatan warga binaan yang meninggal dunia pada Selasa (2/5/2023) sekira pukul 13.00 WIB di RSUD Embung Fatimah sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP). 


Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Rutan Kelas IIA Batam Farizal Gerhami Putra saat dijumpai di ruang kerjanya pada Kamis (4/5/2023) siang. 


"Sekira pukul 10.00 WIB, petugas pengamanan blok mendapatkan laporan bahwa ada tahanan atau warga binaan di ruang karantina Blok B6 ada yang sakit," kata Putra. 


Mendapatkan laporan tersebut, petugas keamanan blok langsung mengambil tindakan untuk membawa warga binaan yang bernama Debby Sumawanto (35) ke klinik rutan. 


Pada saat di klinik, dan dilakukan pemeriksaan oleh dokter, warga binaan kita bawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah. 


"Setelah dilakukan pengecekan oleh dokter rutan, warga binaan kita bawa ke RSUD Embung Fatimah karena keadaan darurat," bebernya. 


Lanjutnya, karena warga binaan ini merupakan tahanan Pengadilan Negeri Batam, kita dari Rutan berkoordinasi langsung untuk membawa warga binaan ini ke rumah sakit. 


"Kita juga telah menyampaikan langsung kepada Pengadilan Negeri Batam, bahwa warga binaan atas nama Debby dibawa ke rumah sakit," imbuhnya. 


Sekira pukul 13.00 WIB, kita mendapatkan kabar dari pihak rumah sakit bahwa warga binaan tersebut telah meninggal dunia. 


Ka Rutan juga menyampaikan, bahwa Rutan Batam telah menjalankan prosedur sesuai dengan SOP dalam menangani warga binaan yang dalam kondisi darurat harus dibawa segera mungkin ke rumah sakit. 


"Kita dari rutan, juga telah menjalankan prosedur sesuai dengan SOP untuk memberikan perawatan kepada warga binaan yang saat itu dalam kondisi darurat untuk sesegera mungkin agar mendapatkan perawatan," pungkasnya. 


Ka rutan Batam juga menyampaikan turut berdukacita atas meninggalnya Debby Sumawanto. 


"Kami dari Rutan Batam mengucapkan belasungkawa kepada pihak keluarga atas meninggalnya Debby. Kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan perawatan kepada almarhum, mudah-mudahan almarhum diterima disisi Allah SWT," tandasnya (egi) 


Redaktur: ZB




Share on Social Media