Batam

KASAL Hadiri Launcing Kapal KRI Marlin-877 di Batam

Juliadi | Kamis 07 Sep 2023 20:03 WIB | 420

AD/AL/AU
TNI/Polri
Lantamal IV


KASAL, Laksmana TNI Muhammad Ali dan Pimpinan PT. Palindo Marine, Kamis (7/9/2023). Foto: Adi


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksmana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla didampingi Ketua Umum jalasenastri, Fera Muhammad Ali; Pangkoarmada I, Laksmana Muda (Laksda) TNI Achmad Wibisono, S.E., CHRMP dan Komandan Lantamal IV Batam Laksmana Pertama (Laksma) TNI Tjatur Soniarto, CHRMP., M.Tr.Opsla, menghadiri peluncuran Kapal Perang Republik Indonesia (KRI)  Marlin-877, bertempat di PT. Palindo Marine, Sei Lekop, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Kamis (7/9/2023). 


Dalam sambutannya, Direktur PT. Palindo Marine, Charles Irwan menyampaikan, bahwa KRI Marlin-877 sudah siap untuk dilaunching. 


"Terimakasih kepada TNI Angkatan Laut yang sudah memberikan kesempatan dan mempercayai kami dalam membangun kapal PC 60 ini, kami berharap kepercayaan ini terus berlanjut dan kami akan terus memberikan sumbangsih kepada TNI Angkatan Laut, bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia," ungkap Charles. 


Sementara itu, KASAL, Laksmana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla juga menyampaikan, nama Marlin diambil dari filosofis Yunani "Makaira" yang bermakna pedang, ikan Marlin mempunyai moncong yang menyerupai pedang yang digunakan mematikan bagi mangsanya. 


Lanjut disampaikan Laksmana TNI Muhammad Ali, ikan Marlin juga mempunyai kemampuan melompat ke permukaan air setinggi 10 hingga 20 meter dan mampu bermigrasi 100 bahkan ribuan mil. 


"Filosofis ini menjadi salah satu pertimbangan kapal KRI Marlin-877, diharapkan KRI Marlin-877 dapat melakukan fungsi kapal patroli, yakni mendukung kegiatan operasi dalam situasi damai maupun situasi perang. Dengan dinamai ini diharapkan pengawakan kapal memiliki semangat dalam menunaikan tugas untuk menjaga keamanan negara," ungkap KASAL. 


Lanjut dikatakan KASAL, Kapal ini untuk membantu operasi Lantamal VI Makassar dibawah Koarmada II dan KRI ini memiliki peran sangat penting untuk mendorong dan kemampuan dalam pertahanan. 


"Produksi kapal ini merupakan wujud kemandirian industri nasional untuk terus memajukan produk dalam negeri bagi Alutsista dan tidak bergantung pada industri alustsista di negara lain," jelas Laksmana TNI Muhammad Ali.


Untuk diketahui, Kapal KRI Marlin-877 jenis patroli cepat (CP) 60 M karya anak bangsa yang dibuat di galangan PT Palindo Marine dengan spesifikasi pajang 60 meter, lebar 8,10 meter dan tinggi 4,85 meter ini memiliki kecepatan maksimal 24 knot serta kecepatan jelajah sejauh 17 knot.dengan jumlah personil pengawak 50 orang. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media