Batam

Patkamla Lobam 1-4-07 Evakuasi Kapal Ikan Yang Kandas Tabrak Karang

Juliadi | Jumat 08 Sep 2023 18:52 WIB | 454

AD/AL/AU
TNI/Polri
Lantamal IV



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Kapal Patroli Keamanan laut (Patkamla) Lobam 1-4-07 bantu evakuasi Kapal Motor (KM) Garuda Jaya 8 yang kandas menabrak karang, di Perairan Pulau Ngenang, Jumat (8/9/2023).


Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama (Laksma) TNI Tjatur Soniarto mengatakan, bahwa kapal muatan 70 fiber ikan dan es ini awalnya bergerak dari Kijang menuju Punggur. 


"Kamis malam sekitar pukul 22.00 WIB KM.Garuda Jaya 8 terbawa arus surut di perairan ngenang sehingga kapal naik keatas karang, yang mengakibatkan kapal miring dan air mulai masuk kedalam Palka kapal," jelas Danlantamal IV.


Lebih jauh dikatakannya, situasi saat ini kapal masih posisi kandas dan miring untuk  ABK dalam keadaan selamat dan muatan kapal sudah dipindahkan menggunakan pompong dibawa ke plantar Ayong Punggur. 


Ditempat terpisah Letkol Laut (P) Arif Rahman Dansatrol Lantamal IV menambahkan, telah dilakukan penarikan oleh KM Temborak Laut agar kapal  KM Garuda Jaya 8 dapat keluar dari area kandas namun belum membuahkan hasil


Sambil memantau jalannya evakuasi, Patkamla Lobam tetap melaksanakan tindakan pengamanan di sekitar tempat kejadian. (Ril) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media