Batam

Prokasih, Lantamal IV Batam Ajak Masyarakat Muara Sungai Sadai Jaga Kelestarian Lingkungan

Juliadi | Rabu 06 Sep 2023 00:28 WIB | 435

AD/AL/AU
TNI/Polri
HUT/Hari Jadi
Lantamal IV



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV menggelar kegiatan Program Kali Bersih (Prokasih) dalam rangka memperingati HUT TNI AL 78, yang secara serentak dilaksanakan 78 titik di seluruh wilayah Indonesia, termasuk wilayah Batam yang dilaksanakan di sungai Sadai Bengkong Laut, Batam, Selasa (5/9/2023).


Kegiatan Prokasih dipimpin langsung Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali di Jakarta, diikuti secara virtual oleh Komandan Lantamal IV Laksmana Pertama TNI Tjatur Soniarto, CHRMP., M.Tr.Opsla, yang di wakili Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Fajar Hermawan bersama seluruh Pejabat utama dan Kasatker di lingkungan Lantamal IV Batam.


Dalam amanat Kasal menyampaikan, sungai memiliki fungsi penting  selain untuk ketahanan sumber daya air, juga penting untuk habitat flora dan fauna. 


"Maka sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga lingkungan sungai. Atas dasar itu, TNI angkatan Laut terpanggil untuk ikut menjaga dan membersihkan sungai secara nasional. Hal ini juga selaras dengan HUT ke 78, kami mengajak masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan sungai. Kegiatan Prokasih juga dilakukan secara serentak di 78 lokasi di seluruh Indonesia," ungkap Kasal. 


Lantamal IV yang dibantu TNI - Polri, Pemko Batam, Dinas Lingkungan Hidup, Seven Clean, WCD, Satria Batam, Free The sea berhasil mengumpulkan kurang lebih 2 Ton sampah 


Secara terpisah Danlantamal IV menyebutkan, ini merupakan bentuk komitmen Angkatan Laut dan merupakan perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut untuk membantu pemerintah dalam rangka mendukung pembangunan berkelanjutan dan ikut melestarikan alam. 


Sementara Asisten Potensi Maritim Kolonel Laut (KH) Mochamad Ichsan sebagai penanggung jawab kegiatan ini menyampaikan, agar masyarakat Batam khususnya dan umumnya masyarakat Indonesia tidak membuang sampah sembarangan, dan mau menjaga lingkungan agar lestari lingkungan sungai. (Ril) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media