Batam

Peringati Hari Jadi ke-78 TNI AL, Lantamal IV Laksanakan Upacara Militer

Juliadi | Selasa 12 Sep 2023 09:35 WIB | 417

AD/AL/AU
TNI/Polri
HUT/Hari Jadi
Lantamal IV


Upacara peringatan Hari jadi TNI AL, Senin (11/9/2023) dan Ziarah di TMP Bilang Gebang, Jumat (8/9/2023)


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) , Pangkalan Utama TNI AL (antamal ) IV melaksanakan upacara militer, bertempat di Mako Lantamal IV, Senin (11/9/2023).


Upacara Militer yang dikuti segenap Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lantamal IV diawali dengan pembacaan Sejarah Singkat terbentuknya TNI AL hingga ditetapkan nya tanggal 10 September sebagai Hari Jadi TNI AL dilanjutkan Penghormatan dan Pemeriksaan Pasukan oleh Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan selaku Inspektur Upacara (Irup) didampingi Mayor Laut (PM) Joko Hary yang bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup).


Dalam amanat Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, yang dibacakan Wadan Lantamal IV menyebutkan, Angkatan Laut telah mampu menghadapi berbagai konflik dan krisis dengan penuh keberanian. 


"TNI Angkatan Laut juga secara aktif terlibat dalam berbagai Operasi Kemanusiaan di dalam dan luar negeri. Pada level regional, TNI Angkatan Laut memiliki peran sentral dalam menjaga stabilitas maritim di kawasan," jelas  Wadan. 


Lebih jauh dibacakan, selain itu, kontribusi nyata TNI Angkatan Laut dalam Misi Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia telah mendapatkan apresiasi dan pengakuan yang tinggi dari dunia Internasional.


Secara terpisah Komandan Lantamal IV Laksmana Pertama (Laksma) TNI Tjatur Soniarto, CHRMP., M.Tr.Opsla yang mengikuti Upacara Militer memperingati Hari Jadi Ke-78 TNI AL yang terpusat di Surabaya.


Laksma Tjatur berpesan untuk seluruh Prajurit Militer dan PNS Lantamal IV, untuk menjadikan momentum Hari Jadi TNI AL sebagai pemicu semangat meningkatkan pengabdian yang tulus dan ikhlas serta diharapkan dapat terus memberikan dedikasi dan loyalitas terhadap satuan TNI AL dimana pun bertugas, dan  menjadi  profesional serta tangguh, berlandaskan kekuatan moral, pengetahuan yang luas dan penguasaan teknologi.


Untuk diketahui, sebelumnya Lantamal IV juga telah melaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Jadi Ke-78 TNI AL sebagaimana yang diamanat oleh Kasal kepada seluruh jajaran TNI AL yaitu Ziarah Rombongan dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) daerah masing-masing sekaligus Doa Bersama pada Jumat lalu (8/9/2023) bertempat TMP Bulang Gebang Batam. (Ril) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media