News

PGI : Pasangan Calon Pilgub DKI Harus Fokus Benahi Radikalisme

| Rabu 14 Dec 2016 00:39 WIB | 2229




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Pasangan calon Pemilihan Gubernur DKI Jakarta dengan nomor urut 3, Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno, mendatangi Pusat Oikoumene Jakarta (POJ) yang merupakan gedung kantor Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Wilayah DKI Jakarta pada Rabu (14/12).

Pdt Manuel Reintum selaku Ketua Umum PGI Wilayah Jakarta mengatakan pihaknya selalu terbuka untuk semua paslon dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 untuk datang ke PGI.

"Pak Anies-Sandi merupakan paslon kedua yang datang setelah sebelumnya Pak Djarot hadir beberapa malam yang lalu. Tapi kami akui bapak berdua merupakan Paslon yang lengkap mendatangi PGI secara bersama-sama," ujar Manuel, Rabu (14/12) siang di Lantai 2 Gedung Pusat Oikoumene Jakarta

Ia menyebutkan dalam pertemuan berkonsep dialog interaktif dengan tema 'Menggumuli Pilar-Pilar Kebangsaan' itu dihadiri perwakilan dari 65 denominasi dan delapan lembaga keumatan Kristen seperti Gereja Pantekosta, Gereja Injili, Gereja Bala Keselamatan, Gereja Advent, Baptis, Ortodoks, dan Mandiri.

"Di Jakarta ada kurang lebih dari 1.200 jemaat, namun yang hadir di sini ada seratusan yang merupakan pengurus dan perwakilan Sinode di Jakarta. Tujuan diadakan kegiatan ini bukan untuk mendukung salah satu paslon, tapi mendengarkan pemikiran dari Paslon tentang nilai-nilai pilar kebangsaan," tuturnya.

Beberapa perwakilan yang hadir di antaranya, Hasim S. Djoyohadikusumo, Jon Lokolo, Manuel Reintum, Feri Simanjuntak, Horas Simatupang, AS Kobalen, dan puluhan perwakilan Gereja se-DKI Jakarta.

Gerakan Oikoumene itu sama artinya dengan gerakan bersama bangsa menuju persatuan Indonesia yang menghargai perbedaan dan merayakan kebhinekaan tunggal ika.

"Kita juga melakukan doa untuk masing-masing paslon dalam rencana pembangunan ibukota, agar Tuhan akan memberikan hikmah pada masyarakat DKI untuk mendukung paslon yang menghargai perbedaan yang ada serta membawa maju ibukota," lanjut Manuel.

Dipastikannya, ada empat masalah yang menjadi perhatian dari PGI dalam Pilkada DKI Jakarta 2017, yakni: masalah kemiskinan, masalah ketidakdilan sosial, radikalisme, dan kerusakan lingkungan.

"Kami harap empat masalah ini bisa menjadi perhatian dari seluruh Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur agar dibenahi demi ibukota Jakarta yang maju, aman, damai, dan sejahtera untuk semua lapisan," tandasnya.



Share on Social Media