Batam

Secara Virtual Danlanud Hang Nadim Ikuti Upacara Hari Bhakti TNI ke-74 Bersama KASAU

Juliadi | Kamis 29 Jul 2021 16:38 WIB | 1498

TNI/Polri
Lanud
HUT/Hari Jadi


Danlanud Hang Nadim Letkol Pnb Iwan Setiawan


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Memperingati Hari Bakti ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) tahun 2021 dilaksanakan upacara secara Virtual dan Video Konferensi dari Gedung Auditorium Denma Markas besar angkatan udara (Mabesau), yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI AU (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. 


Komandan Pngkalan TNI AU (Danlanud) Hang Nadim Letnan Kolonel (Letkol) Peberbangan (Pnb) Iwan Setiawan, S.A.P didampingi Kepala dinas operasi (Kadisops) Lanud Hang Nadim Mayor Lek Wardoyo, Kepala dinas personel (Kadispers) Lanud Hang Nadim Kapten Adm Asta Surya dan Kepala dinas Logistik (Kadislog) Lanud Hang Nadim Kapten Kal Akhmad Suprianto mengikuti upacara Hari Bakti TNI AU ke-74 secara virtual di ruang rapat Markas Komando (Mako) Lanud Hang Nadim, Kamis (29/7/2021). 


Yang dihadiri langsung oleh KASAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P dan para pejabat TNI Angkatan Udara.


Dalam sambutannya KASAU, pertama-tama mengajak untuk mengenang 74 tahun silam pesawat Dakota VT-CLA yang membawa obat-obatan dan alat kesehatan ditembak jatuh musuh sehingga seluruh awak pesawat gugur sebagai kusuma bangsa. Sebagai insan dirgantara penting untuk mengenang peristiwa heroik ini khususnya untuk senantiasa menumbuhkan semangat pengabdian para generasi penerus dalam perjuangan yang berkelanjutan guna memberikan perlindungan dan menjamin keselamatan segenap tumpah darah Indonesia.


Kebutuhan akan pengabdian TNI AU menjadi semakin tinggi mengingat pandemi COVID-19 masih melanda tanah air dalam kurun waktu sebulan terakhir wabah pandemi di Indonesia telah mencatat kasus tertinggi. 


Itulah mengapa, upacara peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara pada tahun ini, kembali kita laksanakan secara sederhana. Meskipun demikian, esensi dari peringatan hari bakti, berupa pengabdian tanpa batas dari segenap keluarga besar TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Udara telah dan akan senantiasa memberikan upaya terbaik, guna membantu pemerintah dalam mempercepat penanggulangan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional," jelas KASAU.


Lanjut dikatakan KASAU, Seperti Pengerahan bantuan ribuan tenaga kesehatan dan personel TNI Angkatan Udara, Pelaksanaan vaksinasi reguler dan serbuan vaksin untuk ratusan ribu warga, bantuan pengisian ribuan tabung oksigen untuk puluhan rumah sakit, Pendayagunaan Rumah Sakit TNI Angkatan Udara, Percepatan distribusi alat kesehatan dan obat-obatan ke seluruh penjuru negeri, Kegiatan karya bakti di Provinsi Aceh, serta kegiatan sosial lainnya.


Diakhir sambutannya KASAU berprsan esensi dari peringatan ini adalah untuk mengajarkan kita akan kerelaan untuk berkorban, kesediaan untuk menjadi teladan sekaligus pelopor untuk meringankan beban dan kesulitan rakyat di sekeliling kita. 


"Inilah makna sesungguhnya dari Hari Bakti TNI Angkatan Udara. Dan mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada seluruh prajurit dan pegawai negeri sipil TNI Angkatan Udara, atas perjuangan yang telah darma baktikan tanpa mengenal lelah kepada bangsa dan negara Indonesia," tutup KASAU.



Share on Social Media