Batam

Jelang HBKN dan Nataru, Ansar Berharap Kebutuhan Pangan Tidak Terganggu

Juliadi | Rabu 03 Nov 2021 21:25 WIB | 1397

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Gubernur Kepri/Wakil Gubernur
Hari Raya/Hari Besar


Gubernur Kepri H Ansar Ahmad, SE., MM, Rabu (3/11/2021)


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad, SE., MM berharap stok kebutuhan sembako menjelang perayaan Hari Besar Kegamaan Nasional (HBKN)  Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk diantisipasi secara baik.


Ansar beralasan minimnya stok sembako dapat memicu terjadinya lonjakan harga, yang akan berakibat pada tidak terkendalinya inflasi.


"Momen  seperti ini, sangat berkolerasi dengan meningkatnya konsumsi masyarakat. Jangan sampai ketersediaan pangan justru terganggu," pinta Ansar Ahmad saat membuka acara High Level Meeting Pengendalian Inflasi Provinsi Kepri 2021 dari Swis Bell Hotel Batam, (3/11/2021).


Rapat koordinasi ini dilaksanakan dari Kantor Pemerintah Provinsi Kepri di Dompak dengan mengangkat tema "Menjaga Stablitas Harga dan Ketersediaan Pangan Menjelang Natal Tahu Baru dan Musim Angin Utara".


Menurut Ansar, permasalahan ketersediaan pangan di Kepri, sangat dipengaruhi faktor eksternal. Terlebih Kepri bukan daerah penghasil utama komoditi pangan. Sebagian kebutuhan pangan masyarakat Kepri dipasok dan didatangkan dari luar daerah.


Kondisi ini juga masih dipengaruhi  adanya siklus musim angin utara dan juga potensi curah hujan tinggi yang akan mempengaruhi penurunan produksi sayur mayur  yang sebagian dihasilkan petani lokal Kepri.


Di saat yang sama, Ansar menambahkan kepada bupati dan walikota selaku ketua TPID kabupaten/kota untuk terus melaksanakan upaya pengendalian inflasi jangka pendek dan mengantisipasi lonjakan melajunya inflasi pada akhir tahun nanti. 



Share on Social Media