Batam, Pendidikan

Tingginya Tuntutan Profesi Guru Harus Diimbangi Dengan Kesejahteraan

Juliadi | Rabu 23 Feb 2022 00:31 WIB | 1676

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Gubernur Kepri/Wakil Gubernur
Pendidikan



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengatakan  tenaga pengajar memegang peranan sangat penting bagi kemajuan sebuah bangsa. Dimana  guru menjadi ujung tombak guna melahirkan sumber daya manusia (SDM) uanggul dan berkualitas.


Tidak sebatas itu saja, guru juga memiliki peram ganda yang tidak hanya bertanggungjawab pada perkembangam intelegensi semata, tapi juga harus bertanggung jawab pada perkembangan moral peserta didik itu sendiri.


"Tingginya tuntutan atas profesi guru ini, harus dibarengi dengan apresiasi pada kesejahteraan mereka," kata Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat membuka acara Penandatanganan Surat Perjanjian Kerja (SPK) Pegawai Tenaga Kependidikan (PTK) Non ASN Provinsi Kepri Tahun 2022 di Hotel Golden View Bengkong Batam, Selasa (22/2/2022).


Dikatakan Ansar, guru juga menjadi kunci utama dalam mencapai kemajuan pendidikan, termasuk di Provinsi Kepri. 


Dimana guru harus bisa melakukan transfer of knowledge dan cange of behavior untuk membentuk karakter anak agar menjadi manusia yang unggul,  berdaya saing serta berkepribadian baik.


Sejauh ini, Provinsi Kepri telah mengalokasikan 20 persen APBD nya untuk sektor pendidikan. Dimana alokasi sebesar itu atau sepertiga dari total APBD Kepri,  memang diperuntukan bagi peningkatakan sektor pendidikan. 



Share on Social Media