Batam

Perletakan Batu Pertama Pembangunan Terminal II Bandara Internasional Hang Nadim

Juliadi | Kamis 30 May 2024 15:50 WIB | 747

Wali Kota/Wakil Wali Kota
AD/AL/AU
BP Batam
TNI/Polri
Lantamal IV


Ground Breaking Ceremony pembangunan terminal 2 Bandara Hang Nadim Batam, Kamis (30/5/2024). Foto : Adi


Matakepri.com, Batam -- Badan Pengusahaan (BP) Batam memulai pembangunan  terminal II Bandara Internasional Hang Nadim Batam di atas lahan 50.000 M² yang diperkirakan memakan biaya sebesar Rp. 2,4 Triliun untuk tahap pertama yang ditargetkan rampung dalam 2 tahun kedepan dengan total daya tampung 10 unit pesawat.


Hal tersebut disampaikan Kepala BP Batam Sekaligus Walikota Batam, H. Muhammad Rudi saat kegiatan Ground Breaking Ceremony atau Peletakan Batu pertama pembangunan terminal II Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kamis (30/5/2024). 


Dalam sambutannya, Rudi menyampaikan, kehadiran Bandara di kota Batam sebagai akses perhubungan, bukan hanya mencari keuntungan namun juga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat terutama yang ada di daerah sehingga dapat terhubung keluar tanpa ada batasan. 


Rudi berharap konsorsium dapat menyelesaikan proyek sesuai kesepakatan dan terminal 2 ini menjadi percontohan standar internasional. 


"Kami yakin bisa menyelesaikan proyek Terminal 2 ini bersama,” tutup Rudi.


Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan,  setelah melalui proses lelang yang ketat, BP Batam memilih konsorsium Angkasa Pura I, Incheon Airport, dan PT. Wijaya Karya (Wika) sebagai pemenang.


“Komitmen bersama peremajaan dan pengembangan yang ditargetkan selesai dalam dua tahun,” ungkap Pikri. 


Lebih lanjut Pikri menjelaskan, terminal ini dirancang untuk menampung hingga 9,6 juta penumpang per tahun dan dilengkapi dengan lahan parkir baru dan akan ada penambahan rute internasional dengan target penerbangan ke Asia Tenggara, China, dan Jepang. 


"Kami mengganti desain tersebut dan akan menggunakan teknologi green energy,” tutupnya.


Semenanjung itu, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (DanLantamal) IV Laksamana Pertama (Laksma) TNI Tjatur Soniarto CHRMP., M.Tr.Opsla yang hadir di acara Ground Breaking Ceremony atau Peletakan Batu pertama pembangunan Terminal 2 Bandara Hang Nadim Batam akan terus mendukung program-program dari pemerintah. 


"Kita akan terus mendukung program-program dari pemerintah," tegas Laksma Tjatur.


"Salah satunya adalah sektor penerbangan yang dapat memajukan kota Batam, sehingga nantinya Kota Batam akan menjadi kota modern yang mampu berdaya saing di kawasan regional maupun global," tutup Laksma Tjatur. (Adi) 


Redaktur : ZB



Share on Social Media