Batam

Hardiknas 2023, Cak Nur Ajak Para Guru Teladani Filosofi Ki Hajar Dewantara

Juliadi | Rabu 03 May 2023 10:47 WIB | 519

DPRD
Pendidikan
HUT/Hari Jadi


Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, Selasa (2/5/2023). Foto: Adi


MATAKEPI.COM BATAM -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam menghadiri upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)  tahun 2023 tingkat Kota Batam bertempat di lapangan Dataran Engku Putri, Batam Center, Selasa (2/5/2023) kemarin. 


Disela-sela kegiatan, pria yang akrab disapa Cak Nur mengatakan, upacara ini merupakan momen peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kota Batam Tahun 2023.


Dikatakan Cak Nur, Hardiknas ini juga menjadi momen dalam menumbuhkan kembali rasa patriotisme dan nasionalisme. 


Cak Nur mengajak masyarakat, khususnya para guru untuk bisa meneladani filosofi yang sudah dipegang teguh oleh Ki Hadjar Dewantara. Yakni tiga semboyan pendidikan.


“Tiga semboyan tersebut antara lain, Ing ngarsa sung tuladha, Ing madya mangun karsa dan Tut wuri handayani. Dimana Ing ngarsa sung tuladha, berarti harus bisa memberi contoh atau suri teladan bagi mereka yang berada di tengah dan belakang,” ungkap Cak Nur.


Lanjut dikatakan Cak Nur, semboyan Ing madya mangun karsa yang berarti ketika di tengah, harus bisa memberikan semangat untuk kemajuan. Serta semboyan Tut wuri handayani.


"Saya melihat konsep pengembangan pendidikan ini sangat bagus, dan nantinya diharapkan generasi penerus bisa menjadi agen perubahan bagi daerahnya masing-masing. Sekali lagi saya ucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional,” tutup Cak Nur. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media