Batam

Rangkaian HUT Ombudsman RI Kepri ke 12: Donor Darah, Bakti Sosial hingga Outbond

Juliadi | Selasa 27 Feb 2024 11:41 WIB | 251

HUT/Hari Jadi
Ombudsman RI


Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepri, Dr Lagat Siadar, Senin (26/2/2024)


Matakepri.com, Batam -- Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 12 tahun, Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) mengadakan kegiatan donor darah di Lobby Gedung Graha Pena, Senin  (26/2/2024) kemarin. 


“Kegiatan ini merupakan rangkaian perayaan HUT Ombudsman RI Perwakilan Kepri ke 12 yang jatuh pada 27 Februari 2024 sekaligus menyikapi pemberitaan akan stok darah yang menipis di PMI Batam,” jelas Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepri, Dr Lagat Siadari saat kegiatan berlangsung.


Dikutip dari salahbsatu laman pemberitaan media online,  dr. Novia M.Biomed selaku Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Batam, stok darah semua golongan menipis menimbulkan kekhawatirkan. Terlebih lagi menjelang bulan suci Ramadhan yang setiap tahunnya selalu mengalami defisit stok darah.


Selain kegiatan donor darah, terdapat screening kesehatan lainnya yaitu tensi, gula darah, kolestrol, asam urat serta pemeriksaan visual asam asetat untuk screening kanker rahim bagi wanita yang telah menikah.


“Sebanyak kurang lebih 60 peserta turut hadir memeriahkan kegiatan ini, semoga darah yang terkumpul dapat bermanfaat, dapat mengatasi kekurangan stok darah di PMI Batam sehingga tidak terjadi defisit saat bulan suci Ramadhan,” ucap Lagat.


Ia pun mendorong masyarakat Kota Batam agar dapat berpartisipasi mendonorkan darahnya untuk memastikan kesediaan stok semua jenis darah di PMI Batam cukup sehingga dapat digunakan oleh masyarakat yang membutuhkan, terutama untuk para korban kecelakaan lalu lintas yang seringkali membutuhkan darah yang banyak.


Lebih lanjut ia mengatakan Ombudsman RI Perwakilan Kepri akan melakukan kegiatan bakti sosial ke Panti Asuhan Nurjannah Batam dan Outbond.


“Sore ini kami adakan bakti sosial di panti asuhan. Kemudian pada Jumat (1/3/2024) kami juga akan melakukan kegiatan internal yaitu Outbond sekaligus  menyemarakkan HUT Ombudsman RI pada 10 Maret 2023 agar meningkatkan kekompakkan dan kerjasama antar Insan Ombudsman RI Perwakilan Kepri agar dapat ,” tutup Lagat. (*) 


Redaktur : ZB



Share on Social Media